WAKTU LAYANAN

Hari : Senin – Jum’at

Pukul : 08:00 – 16:00 WIB


1. MINI STUDIO TV (MSTV)

  • 1 Ruang Studio & Class Room
  • 1 Ruang Control Room
  • 1 Ruang Produksi

2. RADIO ON AIR

  • 1 Ruang Produksi
  • 1 Ruang Studio
  • 1 Ruang Voice Over (VO)

3. RADIO OFF AIR

  • 1 Ruang Produksi
  • 1 Ruang Studio
  • 1 Ruang Voice Over (VO) & Class Room

Universitas menyediakan fasilitas MSTV, RADIO ON AIR / OFF AIR sebagai perlengkapan kegiatan belajar mengajar, baik untuk mata kuliah tertentu maupun untuk proses belajar secara keseluruhan, serta untuk mendukung kegiatan-kegiatan resmi Universitas. MSTV merupakan ruang studio beserta peralatannya yang terletak di lingkungan Universitas Al Azhar Indonesia, yang mencakup beberapa ruangan sebagai berikurt :

 

TATA TERTIB PENGGUNAAN MINI STUDIO TV (MSTV) & RADIO ON AIR / OFF AIR
  1. Semua kegiatan yang dilakukan di dalam studio harus berada di bawah pengawasan Laboran MSTV
  2. Pengguna wajib memberitahukan kepada pengawas Laboran MSTV apabila mengalami kesulitan dalam penggunaan peralatan studio
  3. Pengguna Studio wajib meletakkan tas/jaket/topi dan barang berharga lainnya pada tempat yang disediakan
  4. Tidak diperkenankan membawa peralatan studio ke luar ruang studio tanpa ijin tertulis dari pengawas Laboran MSTV
  5. Dilarang keras membawa makanan / minuman ke dalam studio
  6. Dilarang merokok di dalam studio
  7. Setiap ada kerusakan pada peralatan studio, pengguna wajib segera memberitahu Laboran MSTV dan mengisi Berita Acara Kerusakan / Kehilangan
  8. Setelah menggunakan studio, pengguna wajib mengisi lengkap Berita Acara Penggunaan SAV
PROSEDUR PENGGUNAAN & PEMIMJAMAN (MSTV, RADIO ON AIR / OFF AIR)
  1. Mengisi Formulir penggunaan Studio MSTV yang diketahui dan disetujui oleh Kepala Bagian Laboran MSTV / Pengawas Laboran MSTV / Ketua Program Studi;
  2. Telah mendapat persetujuan dari Kepala Bagian Laboran MSTV / pengawas Laboran MSTV / Ketua Program Studi apabila penggunaan studio untuk keperluan diluar kegiatan belajar mengajar dan atau kegiatan resmi;
  3. Pengajuan penggunaan / peminjaman studio dilakukan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sebelum penggunaan studio, sehubungan dengan persiapan dan pengecekan ruangan dan peralatan.
  4.  Menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) / Kartu Tanda Penduduk (KTP)
SANKSI
  1. Kerusakan / kehilangan pada peralatan studio pada saat penggunaan studio / peminjaman peralatan akibat kelalaian / kecerobohan pengguna menjadi tanggung jawab pengguna;
  2. Pengguna wajib mengisi lengkap Berita Acara Kerusakan / kehilangan yang diterbitkan oleh bagian keamanan Departemen Umum (untuk kehilangan) dan diketahui oleh Bagian keamanan;
  3. Pelanggara tata tertib yang dilakukan oleh pengguna/peminjam dapat menjadi catatan dan dapat menyebabkan tidak diperkenankan menggunakan studio untuk beberapa waktu.

 


4. LABORATORIUM DESAIN GRAFIS (LDG)

Laboratorium komputer merupakan sarana pendukung dalam proses belajar mengajar seluruh Ilmu Komunikas di Universitas Al Azhar Indonesia. Seluruh komputer di Universitas Al Azhar Indonesia terkoneksi internet 24 jam dengan kecepatan dan bandwith yang memadai dan semua ruangan full AC. Lab Komputer perangkat lunak terdiri atas 25 unit komputer :

  • 28 iMac
  • 1 Projector
  • 1 Mini DisplayPort To VGA Adapter

Semua laboratorium komputer dapat dimanfaat oleh seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan dosen di Universitas Al Azhar Indonesia untuk keperluan pengajaran. setiap pemakaian harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

TATA TERTIB PEMAKAIAN LABORATORIUM DESAIN GRAFIS (LDG)
  1. Penggunaan LAB DESAIN GRAFIS (LDG) berhak menggunakan semaksimal mungkin  fasilitas LDG guna mendukung proses belajar mengajar yang terdiri atas kegiatan praktikum, perkuliahan.
  2. Menaati tata tertib penggunan LDG
  3. Menjaga etika dan norma – norma kesopanan
  4. Menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan.
  5. Menjaga dan memelihara fungsi seluruh invetaris yang berada di dalam labkom.
  6. Wajib mengganti apabila terjadi kerusakan / kehilangan atau kesalahan dalam pengoperasian fasilitas LDG
  7. Tidak diperkenankan / membawa makan, minum, dan merokok, didalam LDG
  8. Tidak diperkenankan memaku, menempel dan mengotori di dinding, jendela, pintu, kaca dan invetaris LDG
  9. Tidak diperkenankan memidahkan, mengganti, memperbaiki atau merubah komponen komputer yang ada diruangan tanpa ijin tertulis dari pengawas LDG
  10. Tidak diperkenankan merubah konfigurasi komputer seperti wallpaper, install program lain tanpa ijin tertulis dari pengawas LDG
  11. Pengguna LDG wajib meletakkan tas / jaket/ topi dan barang berharga lainnya pada tempat (Locker) yang telah disediakan.
  12. Data dan file pribadi dianjurkan untuk disimpan ke Flashdisk atau Hardisk sendiri, pengawas LDG tidak bertanggung jawab terhadap keberadaan / kehilangan data-data tersebut.
PROSEDUR PENGGUNAAN & PEMIMJAMAN LABORATORIUM DESAIN GRAFIS (LDG)
  1. Mengisi Formulir penggunaan LDG yang diketahui dan disetujui oleh Kepala Bagian Laboran LDG / Pengawas Laboran LDG / Ketua Program Studi;
  2. Telah mendapat persetujuan dari Kepala Bagian Laboran LDG / pengawas Laboran LDG / Ketua Program Studi apabila penggunaan studio untuk keperluan diluar kegiatan belajar mengajar dan atau kegiatan resmi;
  3. Pengajuan penggunaan / peminjaman studio dilakukan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sebelum penggunaan studio, sehubungan dengan persiapan dan pengecekan ruangan dan peralatan
  4. Menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
SANKSI
  1. Kerusakan / kehilangan pada peralatan LDG pada saat penggunaan LAB / peminjaman peralatan akibat kelalaian / kecerobohan pengguna menjadi tanggung jawab pengguna;
  2. Pengguna wajib mengisi lengkap Berita Acara Kerusakan / kehilangan yang diterbitkan oleh bagian keamanan Departemen Umum (untuk kehilangan) dan diketahui oleh Bagian keamanan;
  3. Pelanggara tata tertib yang dilakukan oleh pengguna/peminjam dapat menjadi catatan dan dapat menyebabkan tidak diperkenankan menggunakan LDG untuk beberapa waktu.

 


Formulir Peminjaman Lab 2016

(Download)

Add Friend


Koordinator Lab. Ilmu Komunikasi

Viand Isword, S.Sos.

———- Menyetujui ———-

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi

Edoardo Irfan, M.Si i