skip to Main Content

Biografi

dsc_haroni

Nama : Nanang Haroni

Tempat tanggal lahir : Pagelaran, 03-05-1973

Pendidikan terakhir: S2 Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Meski tumbuh di sekolah agama (sejak tingkat dasar hingga perguruan tinggi di IAIN Syarief Hidayatullah Jakarta), Nanang Haroni mengaku tidak menguasai khazanah keislaman dengan baik. ”Sekadar untuk diri sendiri aja,” katanya. Yang jelas, katanya, proses pendidikan yang ia lewati menjadikannya bahagia menghayati keimanan. ”Dengan segala kekurangan saya sebagai manusia.”

Menyelesaikan S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia (2009), Nanang sebelumnya bekerja di sebuah surat kabar politik, mengelola production house dan (masih) menjadi penulis lepas naskah-naskah profil perusahaan, tokoh baik untuk kebutuhan cetak maupun audio visual. ‘Saya suka mendengar orang cerita pengetahuan, kadang tenggelam dalam bacaan macam puisi dan novel. Tapi juga menikmati sastra, sosiologi, dan tentu, isu-isu komunikasi. Kini, saya sangat menikmati kegiatan mengajar.”  Soal mengajar, Nanang mengaku belajar dari seorang professor pendidikan. Dia antara lain mengatakan, guru yang baik, adalah guru yang belajar. Pendidikan itu, bukan hanya tentang sharing knowledge tapi juga sharing ignorant, sharing hope, bahkan sharing anxiety. ”Saya percaya itu. Dan maunya, jadi teman yang baik bagi siapa saja. Pasti susah, tapi berusaha begitu. Itupun, bagi yang ingin berteman, tentu.”


Sejarah Mengajar

– Dasar Logika (2010 – sekarang)

– Teori Komunikasi Massa (2011)

– Filsafat Ilmu dan Integarsi Nilai Islam (2013)

– Pengantar Periklanan (2014, 2015)

– Teori Komunikasi (2011 — sekarang)

– Pengantar Ilmu Komunikasi (2011 – sekarang)

– Pengantar Jurnalistik (2012 – sekarang)


Prestasi & Pencapaian

  • Artikel Jurnal: Warisan Filsafat Perspektif Komunikasi-Martin Heidegger: Karya dan Pemikiran. Ditulis bersama Sari Monik Agustin untuk Jurnal CommLine Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-UAI, Vol 1 No 2 Juli-Desember 2010
  • Menulis konsep dan naskah program TV dan film sosialisasi/ kampanye tematik lembaga (2010—2012), antara lain:
    • Tayangan Sosialisasi Program dan Kelembagaan Kementerian Luar Negeri (TRANS) 2010
    • Profil Lembaga Komisi Yudisial (2011)
    • Film/ Video Kampanye Lingkungan: Terkait Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup # 2 (dua) Seri (2011 dan 2012)
  • Publikasi artikel dan reportase (isu pemberdayaan, pendidikan alternatif dan kerelawanan) di Majalah ParasNews dan yayasanparas.org (2007—2012)
  • Karya Ilmiah Non Publikasi, didokumentasikan Perpustakaan Mandiri Universitas Al Azhar Indonesia (2012):
    • Televisi dan Jerat Kapitalisme dalam Acara Pencarian Bakat
    • Kerelawanan di Televisi (Studi Semiotik Acara Reality Show Jika Aku Menjadi Episode Pemungut Batu)
    • Pemusatan Kepemilikan Lembaga Penyiaran di Indonesia (Tinjauan Etika Media)
    • Melampaui Teknik: Memahami Kode Naratif Editing Infotainment
  • Pemakalah Konferensi Nasional Komunikasi 2014 di Batam, 11-12 Maret 2014, bersama Lestari Nurhajati : Figur dan Karakter Bakal Calon Presiden RI 2014 (Analisa Framing Pada Editorial Koran KOMPAS 2013). 2014
  • Tim Trainer Program Sekolah Sehat Sosro-Sukma & Media Indonesia (program pelatihan dan pendampingan sekolah sehat di beberapa provinsi.), mengisi pelatihan di Kabupaten Mempawah (Kalbar), Rangkasbitung (Banten) dan Mataram (NTB). 2014-2015
  • Pemakalah pada Konferensi “International Post-Graduate Conference 2015” dengan Tema : “ Media and Communication in The Global Era” Universitas Airlangga Surabaya, 5 Desember 2015
  • Pemimpin Redaksi Jurnal Commline (2015—Sekarang)
Back To Top